24 June 2016

Jurusan Farmasi dan Keunggulannya

Posted by Rizki Santi Kusumaningtyas under: Jurusan Farmasi .

Apa sih farmasi ? udah tak asing lagi kan dengan kata farmasi pasti yang terlintas dipikiran kita adalah obat-obatan. Farmasi adalah salah satu bidang professional kesehatan yang mengkombinasikan ilmu kesehatan dan ilmu kimia.  Pada praktiknya, profesi farmasi mempunyai ruang lingkup dalam penyediaan dan peracikan obat, dan juga dalam hal pelayanan terhadap pasien baik pada layanan klinik, keamanan penggunaan obat-obatan, evaluasi efikasi, serta pemberian informasi obat.

hjjh

 

 

 

 

 

Soal prospek lulusan farmasi, jangan ditanya. Untuk saat ini lulusan farmasi adalah salah satu lulusan yang memilik prospek cerah. Mengapa demikian? Karena bidang kerjanya sangat luas, tanpa banyak orang yang tahu. Contoh beberapa tempat yang memerlukan tenaga farmasi antara lain:

  1. Bidang pemerintahan, terutamanya di Departemen Kesehatan, Dinas Kesehatan, Puskesmas dan pada Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM)
  2. Bagian administrasi pelayanan obat di instansi pemerintahan , polri, maupun TNI.
  3. Menjadi dosen pada departemen pendidikan nasional sebagai dosen di bidang farmasi.
  4. Bagian apotek atau instalasi farmasi pada berbagai Rumah Sakit.
  5. Pada bidang industri obat-obatan misalnya: Kalbe Farma, Bayer, mead Johnsons, dan lain-lain.
  6. Pada bidang industri Kosmetik, seperti Mustika ratu, martha Tilaar, Wardah, dan lain-lain.
  7. Pada bidang industri makanan seperti Wings Food, Indofood, dan lain-lain.
  8. Pada bidang jamu dan obat tradisional seperti air mancur, sido muncul, nyonya meneer, atau deltomed.
  9. Pada bidang industri dan perdagangan yang menjadi penjamin mutu, standar keamana dan kualitas produk makanan, obat-obatan maupun kosmetik seperti Sucofindo misalnya.

Udah tau kan kalo prospeknya banyak jadi gak salah lagi kalo kalian bisa melanjutkan kuliah di Universitas Muhammadiyah Malang yang membuka jurusan Farmasi dan termasuk Fakultas Ilmu Kesehatan. Selain fasilitasnya yang lengkap, nyaman juga kuliah disini yang letaknya di kampus II.  Yuk join kepo kepo gitu..

sumber: klik disini dan disini 

Leave a Reply