23 June 2016

Budaya dan makanan Ponorogo

Posted by Rizki Santi Kusumaningtyas under: daerah .

  1. Budaya Kota Ponorogo

Apa saja sih budaya yang ada di Kota Ponorogo itu ? pasti kalian pernah denger Reog Ponorogo kan nah Reog ini adalah salah satu budaya yang berasal dari kota Ponorog. Belum tau juga apa itu Reog Ponoro dan kenapa namanya harus Reog ini dia asal mulanya kisah perjalnan Raja Kerajaan Bantarangin yaitu Prabu Kelana sewandana yang tengah mencari calon permaisuri pada tahun 900 saka. Calon permaisuri tersebut dicari karena kabur dari kerajaan Bantarangin. Calon Permaisuri yang bernama Dewi Sanggalangit yang juga adalah putri kerajaan Kediri ini kabur karena tidak ingin dijodohkan dengan sang Prabu Kelana Sewandana seorang raja yang sakti mandraguna yang memiliki pusaka andalan berupa Cemeti yang sangat ampuh dengan sebutan Kyai Pecut Samandiman.

Setelah perjalanan berhari-hari,Dewi Sanggalangit pun Akhirnya ditemukan disebuah goa ketika ia tengah bersemedi. Ketika diajak pulang untuk dinikahi, putri Kediri tetap tidak mau. Sang Prabu pun merayunya dengan janji akan menuruti segala apapun permintaan yang diajukan oleh calon permaisuri. Dari hasil semedi, sang putripun akhirnya mendapat wahyu agar memintakan sebuah kesenian baru yang belum pernah ada sebelumnya dimana kesenian tersebut harus menggambarkan bahwa sang calon permaisuri adalah memang orang yang benar-benar dicintai sang raja.

Setelah berpikir cukup keras berhari-hari, akhirnya sang Prabu mendapat wahyu dari Dewi Parwati untuk membuat seni pertunjukan berupa tarian menggunakan barongan berupa reog. Reognya sendiri dibuat sangat besar dengan perlambangan cinta berupa bulu burung merak dan kepala harimau. Bulu burung merak melambangkan sang calon permaisuri dan kepala harimau. Tarian reog ponorogo kala itupun langsung dipertontonkan pada sang calon permaisuri. Melihat tarian tersebut, sang calon permaisuri pun sangat senang dan berjanji mau dinikahi sang prabu asal tarian reog tersebut dipertontonkan setiap tahun ketika memperingati pernikahan mereka. Sejak itulah reog ponorogopun lahir.  Nama reog baru  di perkenalakan sejak tahun 1989. Sebelum nya reog dikenal dengan nama reyog. Nama tersebut diganti oleh Bupati Ponorogo. Nama reog dipilih karena sangat cocok digunakan sebagai akronim slogan resmi kabupaten Ponorogo yaitu “Resik,Endah,Omber,girang gemirang” . Dengan adanya kesenian tersebut Kota Ponoro juga dikenal dengan kota Reog.

Itu asal mulanya kalian penasaran bisa lihat atau tonton juga acara tahunan yaitu Festival Reog Nasional di Panggung utama Alon-alon Ponorogo.

 

sumber : klik disini dan disini 

2. Makanan

Selain ada kesenian di Ponorogo juga ada berbagai makanan yang patut kalian cicipi yaitu

  1. Sate Ayam Pak Tukri Sobikun

Bagi penikmat kuliner apalagi yang doyan banget dengan sate ini nih tempat yang paling tepat untuk beli sate dijamin ketagihan deh. Sate ayam Pak tukri, sate ayam ini berbeda dengan sate ayam lainnya. Dari daging ayamnya yang kenyal dan lembut jika dimakan dan juga racikan bumbu sambal kacang  yang menambah cita rasa lidah bergoyang. Sate Ayam Pak tukri ini terletak di jl.  Lawu, Gang Sate No. 43 K.

 

  1. Jenang Mirah

Jenang Mirah merupakan makanan khas Ponorogo yang terbuat dari beras ketan, gula kelapa dan santn buah kelapa. Makanan ini tidak menggunakan bahan pengawet sama sekali, jenang mirah termasuk makanan basah karena hanya bisa bertahan satu minggu saja. Asal mula jenang mirah ini adalah dari nama pembuatnya yaitu Ibu mirah yang beralamatkan di desa Josari, kecamatan Jetis, kabupaten Ponorogo. Rasanya dijamin maknyuss, kenyal-kenyal lembut gtu

 

 

  1. Dawet Jabung

Dawet Jabung ini merupakan cendol alami yang terbuat dari aren dan tanpa bahan pewarna, sehingga menghasilkan warna yang alami. Untuk kuahnya dawet terdiri dari santan kelapa muda yang ditambah dengan gula aren dan sedikit garam. Biasanya ditambahkan tape ketan dan irisan buah nangka serta gempol. Penyajiannya dengan cara disajikan dalam mangkok kecil dan ditambah dengan es batu. Dinamakan dawet jabung, karena asal dari dawet ini berasal dari desa Jabung, salah satu desa di Kecamatan Mlarak, Kabupaten Ponorogo. Untuk menikmati dawet Jabung yang lezat ini kamu bisa berkunjung ke daerah Jabung arah selatan pusat kota Ponorogo. Cocok dimakan waktu siang hari segerrr rek.

dawet-jabung-370x318

Ini makanan khas asal Ponorogo yang wajib kalian cicipi, sebenarnya masih banyak makanan lainnya tapi berhubung ini udah panjang banget ceritanya kalo diterusin udah kaya kereta panjang hehe selamat mencoba ya rek

Sumber : Klik Disini 

Leave a Reply